INFO:

Sedikit info buat temen yang buka blog aku.
nih berbagi duit $10 buat yang daftar aja kesini, gratis kok :
http://www.imcrew.com

CARA MENGGUNAKAN BATRAI LAPTOP AGAR AWET

Senin, 15 Juni 2009

http://www.tokobaterai.com/images/barang/22112008003021.jpg


Mengapa batrai di laptop/notebook anda cepat drop??

tau nggak kalian kalau batrai laptop/notebook anda secara bertahap akan mengalami berkurangnya suplai daya ke notebook, itu di karenakan baterai anda dirancang hanya bertahan dalam 300-800 kali siklus charge/recharge. umumnya baterai notebook hanya bertahan 1 hingga 3 tahun di mulai dari saat notebook anda di rakit. itu sudah tidak dapat dihindari lagi,namun anda masih bisa memperlambat proses tersebut. suhu pakai baterai, tergantung dari cara pemakaian notebook yang dapat mempengaruhi panjang pendeknya usia baterai. namun sebaliknya, suhu tinggi dapat memperpendek usia baterai.

Membiarkan baterai anda terpasang ketika terhubung dengan power listrik akan menyebabkan suhu di dalam baterai meningkat. Sebaiknya lepas dan simpan baterai pada suhu dingin, karena hal ini akan memperlambat proses tersebut.

Jangan biarkan notebook anda berada pada lingkungan yang panas,contohnya membiarkan notebook anda di dalam mobil itu tidak baik. Salah satu jenis merek baterai Li-ion tidak dipengaruhi oleh efek memori atau baterai Li-ion di pakai hingga baterai tersebut habis sama sekali sebelum diisi lagi untuk mengurangi penurunan kapasitas. Pengulangan siklus isi pakai hingga habis akan meningkatkan hilangnya kapasitas per-siklus. beberapa isi pakai sebagian lebih baik daripada satu kali pakai habis.

Bagaimanapun, Anda juga harus mengkalibrasi baterai secara rutin. sebaiknya melakukan pengisian ulang ketika baterai sudah mencapai 10-20%. baterai yang selalu terpasang(bila Overcahrge) turut pula memicu overheat atau panas berlebih pada laptop dan dapat mengakibatkan kerusakan pada motherboard. Usahakan notebook anda digunakan pada suhu dingin agar siklus pemanasan baterai berkurang.
Semoga artikel nih bermanfaat.

0 comments: